Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pemberlajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN 3 Benteng

Penulis

  • Gita Puspa Jayantika STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Tia Atista Rahmawati STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Pitriani STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Beti Rostantia STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Rendi Ramdan Karsono STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Sultan Zorgi STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v1i2.21

Kata Kunci:

PHBS, PHBS in school, snake and ladder

Abstrak

Pendahuluan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah perilaku yang berkaitan dengan upaya seseorang untuk meningkatkan kesehatannya. PHBS di sekolah merupakan perilaku yang dilakukan oleh siswa, guru, dan masyarakat di lingkungan sekolah, sehingga dapat mencegah penyakit, dan menciptakan lingkungan yang sehat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyampaikan materi PHBS kepada siswa dengan menarik minat adalah dengan media pembelajaran ular tangga yang dimodifikasi sehingga terdapat informasi terkait PHBS. Permainan ular tangga ini sederhana dan menyenangkan untuk dimainkan siswa, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Tujuan: Penggunaan media pembelajaran ular tangga bertujuan untuk meningkatkan stimulasi panca indera agar siswa memperoleh pemahaman dan membentuk kesadaran untuk melaksanakan PHBS di lingkungan sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah demonstrasi yaitu bermain game dengan media ular tangga. Mengambil responden dari siswa kelas 5 SDN 1 Benteng yang berjumlah 17 orang, dan mengambil 3 sampel untuk bermain ular tangga. Durasi pelaksanaan 30-40 menit, dan diselingi tanya jawab. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terlaksananya pendidikan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada siswa kelas V SDN 1 Benteng yang berjumlah 17 orang, sehingga siswa dapat menjawab soal yang diberikan, dan menerapkan PHBS di sekolah.Kesimpulan:Pendidikan kesehatan tentang PHBS ini dilaksanakan kepada siswa kelas V SDN 1 Benteng, yang bertujuan agar siswa mampu menjaga kebersihan tangan, terhindar dari berbagai penyakit, dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Firmansyah, Andan et al. 2021. “Virtual Reality (VR) Media Distraction Relieve Anxiety Level of the Children During Circumcision.” In 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), Atlantis Press, 611–14.

Imawati, Prilyana Fajria et al. 2019. “Ular Tangga Raksasa Sebagai Media Pembelajaran.” JurnalKSM Eka Prasetya UI 1(6): 8.

Lina, Henico Putri. 2017. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang.” Jurnal PROMKES 4(1): 92.

Nasiatin, Titin, and Irma Nurul Hadi. 2019. “Determinan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri.” Faletehan Health Journal 6(3): 118–24.

Nurhidayati, Annisa. 2017. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Phbs Dengan Media Permainan Ular Tangga Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan Siswa Sd Negeri Limpakuwus Kabupaten Banyumas Tahun 2017 Annisa Nurhidayati *) , Nur Hilal **).” 37(3): 332–38.

Raharjo, Ahmad S, and Sofwa Indarjo. 2014. “Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Dan Ketersediaan Fasilitas Di Sekolah Dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah Pada Tempatnya.” Unnes Journal of Public Health 3(1): 1–10.

Setiawan, Henri, Reffi Nantia Khairunnisa, and Windi Oktavia. 2021. “Handwashing Health Education to Prevent Covid-19 Transmission in SMP Inspirasi.” Abdimas UMTAS 4(1): 428–32.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2021

Cara Mengutip

Puspa Jayantika, G., Atista Rahmawati, T., Pitriani, Rostantia, B., Ramdan Karsono, R., & Zorgi, S. (2021). Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pemberlajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN 3 Benteng. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 95–98. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v1i2.21

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.