Pengembangan Motorik Halus pada Anak dengan Media Menggambar

Penulis

  • Ade Fitriani STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Elsa Maryana STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nadiya Rahmawati STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Elsa Meilani STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Vikri Haikal Ramdani STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Dian Apriliani STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v3i5.280

Kata Kunci:

child, drawing, fine motor

Abstrak

Introduction: The development of children's fine motor skills greatly influences the development of children's skills so that they can improve their performance in the future.

Objective: improve fine motor development in early childhood using the drawing method in Cibitung Girang village, Ciamis district.

Method: The method used is observational with drawing and coloring media, and then as an evaluation material, the assessment is carried out by paying attention to the neatness of the pictures and colors. The activity was carried out on May 3, 2023, at RT. 04, R.W. 07, Cibitung Girang village, Ciamis district.

Result: This community service activity was attended by 18 participants who were in early childhood. The activity took place smoothly and cooperatively.

Conclusion: Drawing play therapy activities can improve fine motor development through holding, gripping, and moving a pencil. In addition, this therapy can control the child's emotions.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdillah, M. E. I., Immawati, I., & Nurhayati, S. (2021). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah (3-5 TAHUN). Jurnal Cendikia Muda, 2(2), 220–226.

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.

Awanis, A., Amarseto, B., & Diyono, D. (2022). Kompetensi Motorik Anak Usia Dini dengan Prestasi Belajar Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyah 5 Semanggi. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(2), 73–77.

Hamid, R. (2018). Pengaruh Menggambar Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Al-Khairat Kelurahan Mogolaing. GMNJ, 1(1), 19–25. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Hasanah, B., & Sari, N. W. (2019). Penerapan Terapi Bermain Mengambar Dekoratif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Wilayah Binaan Puskesmas Rowosari Semarang. Jurnal Keperawatan Sisthana, 4(2), 58–65.

Iskandar, S. (2019). Efektivitas Terapi Bermain Assosiatif terhadap Kemampuan Motorik pada Anak Autis. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 72–76.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168.

Ningrum, R. M., Wibowo, S., Majri, A., & Ulfah, M. (2022). Literature Review: Hubungan Terapi Bermain dengan Daya Konsentrasi pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Journal of Issues in Midwifery, 6(1), 1–9.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130.

Sit, M., Khadijah, K., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2016). Buku pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik).

Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh kembang Anak pada periode emas usia 0-24 bulan di posyandu wilayah kecamatan jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3).

Suwandi, A. K., Alfiyanti, D., Nurullita, U., Studi, A. P., Keperawatan, I., Telogorejo, S., Jurusan, D., Keperawatan, I., Muhammadiyah, U., Jurusan, D., Masyarakat, K., Muhammadiyah, U., Abstrak, S., Pretest-postesst, O. G., Ii, D., Dharma, T. K., Raci, W., Pati, K., Bermain, T., & Dekoratif, M. (n.d.). Pengaruh Bermain Menggambar Dekoratif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Raci Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK), 1–6.

Triwidiyanti, D., Hartati, E., Supriyono, M., Studi, A. P., Keperawatan, I., Telogorejo, S., Studi, D. P., Universitas, K., Semarang, D., Kesehatan, E., Kesehatan, D., Semarang, K., Prevalensi, A., Semarang, Y., Homogenity, M., & Kunci, K. (2016). Efektivitas terapi menggambar berkelompok pada perkembangan motorik halus anak cerebral palsy di ypac semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 1–14.

Wati, P., Wahed, A., & Susilawati, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Kerak Telur pada Anak Kelompok A di TK Pertiwi 1 Sambi Kab. Sragen Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 1–8.

Diterbitkan

30-10-2023

Cara Mengutip

Fitriani, A., Maryana, E. ., Rahmawati, N. ., Meilani, E. ., Ramdani, V. H. ., & Apriliani, D. (2023). Pengembangan Motorik Halus pada Anak dengan Media Menggambar. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5), 289–296. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v3i5.280