Edukasi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi Kupang

Penulis

  • Angga Universitas Nusa Cendana
  • Dianova Dinda Utari Universitas Nusa Cendana
  • Yuni Maharani Manafe Universitas Nusa Cendana
  • Rossaliani Malihing Universitas Nusa Cendana
  • Leoni Indah Syarinta Leonak Universitas Nusa Cendana
  • Dita Windari Nataly Subrata Universitas Nusa Cendana
  • Velicia Marshanda Banusu Universitas Nusa Cendana
  • Justhine Oswin Rivaldo Letelay Universitas Nusa Cendana
  • Gusti Ayu Mirah Adi Aprilia Universitas Nusa Cendana
  • Shela C Pello Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i2.362

Kata Kunci:

children with special needs, inclusive school, peers

Abstrak

Agar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat merasa nyaman dan memiliki keterampilan sosial yang baik ketika berada di sekolah inklusi, diperlukan motivasi atau dukungan dari orang lain. Teman sebaya dapat mendukung pendidikan inklusif baik dalam hal meningkatkan komunikasi, penerimaan terhadap keberagaman, keterampilan sosial, termasuk penyesuaian diri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tujuan dari kegiatan edukasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa siswi SMPK ST Maria Assumpta Kota Kupang dalam memberikan dukungan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) di lingkungan sekolah inklusif. Metode dalam pengabdian ini menggunakan pemaparan materi melalui metode ceramah. Metode ceramah merupakan penyampaian informasi secara lisan di muka umum melalui Power Point. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dari 20 siswa, 7 anak berkebutuhan khusus dan 13 anak tidak berkebutuhan khusus menunjukkan hasil yang baik. Melalui edukasi ini diharapkan para siswa khususnya di SMPK ST Maria Assumpta Kota Kupang dapat mengetahui bagaimana cara yang sehat dalam memberikan dukungan sosial kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam lingkungan sekolah inklusif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi Guru Pendamping Siswa Abk Di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 157–164. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.702

Diantika, R., Hufad, A., & Achdiani, Y. (2020). Lingkungan Inklusi dan Kemampuan Bersosialisasi: Studi Terhadap Pola Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi Journal, 10(1), 765–768.

Ester, V. (2021). Hak Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mendapatkan Pendidikan di. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(9), 1–11.

Faiza, T. Z., Istikomah, I., & Haryanto, B. (2020). Peer Assistance Strategy in the Management of Inclusion Students in Sawocangkring Elementary School. Proceedings of The ICECRS, 5, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020397

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454

Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Sijabat, R. (2018). Gaya Hidup Yang Memengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Salatiga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i2.1069

Suraida, E. W., & Leonardi, T. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 1462–1467.

Tea, Y., Pio, M., Tini, F., & Tia Edeltrudis. (2023). IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. JURNAL PENDIDIKAN INKLUSI Citra Bakti, 1, 1–10.

Usup, U., Madi, M. S., Hataul, S., & Satiawati, C. (2023). Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 196–204. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1612

Wulandari, N. (2013). Manfaat dukungan sosial bagi anak berkebutuhan khusus tunanetra di Yayasan Sayap Ibu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. 2 | The Correlation of Dietary Habit with Incidence of Gastritis

Diterbitkan

20-04-2024

Cara Mengutip

Angga Huky, E. J., Dinda Utari, D. ., Maharani Manafe, Y. ., Malihing, R. ., Syarinta Leonak, L. I. ., Nataly Subrata, D. W. ., Marshanda Banusu, V. ., Rivaldo Letelay, J. O., Mirah Adi Aprilia, G. A., & Pello, S. C. . (2024). Edukasi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi Kupang. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 119–127. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i2.362