Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai dengan Mencampurkan Warna Dasar

Penulis

  • Delviera Irmayanti STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Dewi Permata Imaniar STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Alya Shofia Marwa STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Azhrin Febriani STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Andan Firmansyah STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i1.271

Kata Kunci:

coloring, creativity, mixing basic colors, preschoolers

Abstrak

The development of creative potential peaks at an early age so that early childhood education plays an important role in developing children's creativity and skills, one of the educational game tools (APE) that can increase children's creativity is coloring.
Objective: This community service is carried out with the aim of increasing creativity in early childhood through coloring activities and mixing basic colors
Method: The method used is observational with an educational game tool (APE) coloring pictures with watercolors and creating new colors from mixing basic colors which was carried out on 12 respondents in Banjarharja Hamlet, Kertajaya Village, Lakbok District, Ciamis Regency.
Results: Based on the Likert scale, timeliness came, duration and implementation pointed to a score of 20 out of 5 activity points, which means on time.
Conclusion: The participants took part in the activities in an orderly, attractive and conducive manner, there was a change in the children after carrying out the core activities, namely the children looked happier and were able to know the new colors that were produced from the basic colors.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daftar Pustaka

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72.

Hidayat, H., Mustafidah, N., Istiqomah, R. N., & Nuraeni, S. (2020). Upaya Meningkatkan Sikap Estetis Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Teknik Gradasi. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 6–12.

Hidayati, S., Robingatun, R., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 23–37.

Kurniawan, I., & Septogani, S. (2022). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Raudhatul Athfal (Ra) Al-Muhajirin Bitung. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 2(02), 12.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.

Mursid, M., & Ayu, K. K. (2021). Perlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kb Tunas Bangsa DS. Gondang KEC. Subah KAB. Batang. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.

Panggabean, R. D. E., br Limbong, W. S., & Laia, I. S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 41–47.

Pratitis, N., Ashari, A., & Hetharia, W. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(3).

Puspitasari, A., & Puspita, A. R. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6–9 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai di Desa Carangrejo. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 248–263.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64.

Rahmawati, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama. IAIN Metro.

Rahmawati, B., Ratnasari, E. M., & Suryadi, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education: IJIGAEd, 1(1), 73–79.

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–1736.

Rosmiati, A. (2012). Melukis Sebagai Media Pengembangan Pendidikan Kreativitas Pada Anak-Anak. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 10(1).

|Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Mencampurkan Warna Dasar di Desa Kertajaya Kecamatan Lakbok

Diterbitkan

29-02-2024

Cara Mengutip

Irmayanti, D., Imaniar, D. P. ., Marwa, A. S. ., Febriani, A. ., & Firmansyah, A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai dengan Mencampurkan Warna Dasar . Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i1.271

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>