Pengaruh Permainan Tebak Gambar Berbahasa Inggris Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kawalimukti

Penulis

  • Adinda Rizki Aulia STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Dwiva Azmar STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Lena Agustina STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nabila Nurhaliza STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nadwa Salsabilah STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nursamsi Nursamsi STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Andan Firmansyah STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i1.328

Kata Kunci:

early childhood, english language, learning media

Abstrak

This study investigates the impact of English language guidance through picture guessing games on the development of early childhood, particularly among first-grade students at SDN 1 Kawalimukti. The research methodology employed a pre-experimental design with a one group pre-post test. Evaluation results demonstrate that the guidance activities proceeded as planned with full participation from 26 students. Proficiency in english, especially in vocabulary such as animal names, fruits, letters, and numbers, significantly improved after the guidance. With the support of picture guessing games as a learning medium, children exhibited remarkable progress in speaking and using the english language. In conclusion, this guidance not only enhanced the language skills of the children but also laid a strong foundation for subsequent English language education at an early age.

 

Keywords: early childhood, english language, learning media, picture guessing games.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 46–55.

Dersa, R. (2021). Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar terhadap Kemampuan Bahasa Anak. UIN AR-RANIRY.

Dini, J. P. A. U. (2022a). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5191–5199.

Dini, J. P. A. U. (2022b). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan bahasa reseptif anak usia dini melalui tebak gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 196–204.

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.

Khotijah, D. S. (2021). EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI RA MAMBAUL ULUM MANTINGAN TAHUNAN JEPARA. UNISNU Jepara.

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416–424.

Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Idhayanti, R. I. (2018). Media gambar flashcard dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 78–92.

Sinaga, S. I., & Intan, F. R. (2023). Implementasi Pengembangan Bahasa Inggris Anak melalui Media Tebak Gambar “Siapa Aku” Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 677–687.

Westhisi, S. M. (2019). Metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan bahasa inggris anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23–37.

Diterbitkan

29-02-2024

Cara Mengutip

Rizki Aulia, A., Azmar, D., Agustina, L. ., Nurhaliza, N., Salsabilah, N., Nursamsi, N., & Firmansyah, A. (2024). Pengaruh Permainan Tebak Gambar Berbahasa Inggris Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kawalimukti. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i1.328

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>